Tape, all time favorite!

Di Oman nggak ada tape, jadi musti bikin sendiri. Dan susah cari singkong bagus, mungkin karena kejauhan exportnya, jadi singkong kebanyakan udah biru-biru. Kalau udah liat singkong, Yuni suka ngoceh sendiri, katanya di tempat Kungkung (bapak saya) singkong bagus bertruk-truk ya bu..di sini sekilo aja susah. Ya iya lah, bapak saya buka lapak singkong di Lampung Timur, singkong bagus nggak dicari pun datang sendiri hhehee…

yes1

Beberapa kali eksperimen buat cake tape, beberapa kali modifikasi resep, ini resep yang menurut saya paling pas. Yang pasti, karena saya suka tape, jadi resep-resep yang pakai tape cuman 100-150 gr, langsung saya modif jadi 200 gr.

yes2

Ini ya resepnya (versi asli dari buku cake dan kue populer, Nova):

200 gr tape singkong, buang seratnya, haluskan.

100 ml santan kental

100 gr butter (resep asli pakai margarine. Saya selalu ganti jadi butter kalau buat cake. Lebih lembut, dan lebih sehat tentu).

150 gr gula (resep asli 120 gr. Di Oman singkongnya nggak sebagus di Indonesia. Jadi hasil tapenya juga nggak semanis semenggiurkan di negeri tercinta. Jadi gulanya saya tambah. Kalau buat yang di Indonesia dan bisa dapet tape manis, gulanya 100-120 gr aja ya)

120 gr terigu, diayak.

4 butir telur

75 gr keju easy-melt dipotong dadu kecil untuk isi (resep asli 50 gr keju parut untuk isi dan topping)

50 gr keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:

– Campur tape dan santan, sisihkan.

– Kocok butter dan gula sampai lembut, masukkan telur satu per satu, kocok hingga rata.

– Masukkan campuran tape dan santan secara bertahap. Kocok dengan kecepatan rendah hingga rata.

– Tambahkan terigu sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.

– Masukkan keju yang dipotong dadu. Aduk rata.

– Tuang ke loyang. Taburi keju parut

Note:

– Saya pakai loyang ukuran 18 x 18 cm.

– Keju easy melt buat yang di Indonesia bisa pakai Kraft easy melt. Kalau di Oman saya pakai Almarai cheddar atau Kraft yang Velveeta. Kedua keju itu melt kalau dipanggang.

– Untuk variasi, keju isian dan topping bisa diganti chocolate chip. Atau topping juga bisa diganti almond slice. Tapi tetep, menurut saya, jodoh tape paling cihuy adalah tape. Hidup tape! Lain kali saya posting cara buat tape ya. Yuni udah jago sekarang, horeee!

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *