• biaya pendidikan anak

    Keponakan tercinta, tersayang, lanang ganteng saya udah 3 tahun. Sekolahnya yang biasanya cuman main-main di T*mbl* T*ts mau dipindah sama Ibunya ke sekolah yang lebih ‘serius’. Sekolahnya bagus, enak bangeut, saya aja jadi pengen. Ada kasurnya segala, katanya anak-anak suka ngantuk kalau di kelas, jadi biar bisa tiduran hehehe Yang buat saya takjub, biaya sekolahnya. UGGGHHH! Itu untuk tahun sekarang. Tahun depan naik lagi, lagi dan lagi…Kalau anak saya sekolah nanti, udah berapa..? Saya jantungan!

    Iseng-iseng menghitung biaya sekolah yang diperlukan nanti. Kalau mulai nabung (atau investasi) dari sekarang kan MUNGKIN nggak gitu berasa ya 😉

    Hal penting yang harus diingat untuk menghitung biaya sekolah anak:

    Inflasi biaya pendidikan di Indonesia = 20% per tahun. Besar ya? Tapi memang segitu. Bandingkan dengan kenaikan gaji rata-rata kita yang 10% per tahun aja udah alhamdulillaaaahhh bgt…Belum lagi krisis begini, punya kerjaan aja syukur ya, jangankan mikirin bonus dan kenaikan gaji tahunan.

    Ini attach excel filenya, ayo itung-itung-itung…Begini cara pakainya:

    1. Ada berbagai jenjang pendidikan di tabel, mulai dari playgroup sampai kuliah.

    2. Yang harus kita isi adalah kolom-kolom yang berwarna biru (dirubah aja angkanya)

    3. Kolom A: Tahun masuk sekolah dari sekarang. Misal anaknya sekarang umur 1 tahun, mau masuk playgroup umur 3 tahun. Jadi isi angka ‘2’ di kolom sebelah playgroup. Begitu seterusnya untuk setiap jenjang pendidikan.

    4. Kolom B: Biaya saat ini. Kalau udah ada sekolah yang diincer untuk anaknya, bisa ditanya, berapa biayanya untuk masuk sekolah itu tahun ini. Masukkan angkanya untuk setiap jenjang pendidikan. Tabel ini hanya untuk biaya masuk sekolah ya. Belum termasuk biaya bulanannya.

    5. Kolom C: Asumsi inflasi setiap tahun. Kalau mau lebih dari 20%, biar lebih aman, monggo diganti aja angkanya.

    Kolom D (biaya nanti) adalah perkiraan biaya yang harus dikeluarkan nanti, dihitung otomatis oleh bang excel.

    Kalau cuman mau liat berapa jumlah yang dibutuhkan nanti (angkanya bikin shock memang hehehe), udah cukup sampai situ aja ngisi tabelnya.

    Tapi kalau mau tau, gimana caranya mencapai angka yang segitu, dengan cara apa, isi lagi kolom biru terakhir (kolom E, target rate investasi per tahun).

    Asumsi return investasinya ini:

    Deposito                                                                     5%

    Obligasi / Reksadana Pendapatan Tetap     10 – 15%

    Reksadana Campuran                                         15 – 20%

    Reksadana Saham                                                 25 – 30%

    Itu semua asumsi. Ingat, high risk high return. Kalau mau aman, ya masukin deposito. Misal semua diisi dengan return deposito (5%), nanti bang excel akan menghitung berapa yang harus disetor tiap bulan. Dengan investasi yang low return, setoran per bulannya juga musti besar.

    Ayo mulai menghitung.

    Karena anak sekolah nggak bisa nunggu bapak ibunya punya uang 😉

    PS: Berhari-hari cari cara buat upload file excel ke wordpress, nggak nemu-nemu hehehe *gaptek* Jadi saya upload di sini aja ya. Monggo diunduh..

    Excel file perhitungan biaya pendidikan anak

8 Responsesso far.

  1. dolphinmommy says:

    Waaahh…mikirin biaya sekolah emang bikin puyeng dan jantungan…
    kerasa banget bayar uang pangkalnya…belum lagi bulanannya…hiks…
    kecuali kalo mo masukin anak ke sekolah yang ‘biasa’ aja…
    sekolah jaman sekarang banyak banget pilihannya…bilingual lah…active learning…moving class…belum lagi ekskul wajibnya…berenang…musik…wuihhhh…canggihhh….
    tapi ya gitu…you get what you pay ;P
    Anak gw dah pinter lagi…milih sekolah yang bayarnya bikin jantung emaknya dag dig dug….hehehehe…ditawarin TK deket rumah yang relatif terjangkau kok ya nggak mau…

  2. diah re says:

    emang pasti bikin jantungan…
    kemaren aja baru bayar masuk PG aja uda wah bgt
    kasian kalo dimasukin yg deket2 rumah…

    gimana nanti kalo uda SD yah?
    bikin bingung ni……..

    btw,,, boleh ga pak bagi2 solusi utk investasi nya?
    by email aja
    makasi pak….

  3. d3d3k says:

    @ dyan: hehhee…jadi jagoan sekolah dimana yan? udah TK ya..nggak kerasa ya…btw, gimana kandungannya? udah berapa minggu ya sekarang?

    @ mbak diah: allo mbak, salam kenala…kalau solusi untuk investasi, maaf mbak, aku juga sambil belajar nih..takutnya malah menjerumuskan ke yang gak bener hehehe yang pasti, kenali profil resiko mbak (orangnya bisa terima resiko berapa besar), karena investasi itu high risk high return..kalau udah gitu, baru pilih produk investasi yang sesuai. Aku ada nulis beberapa soal investasi di kategori ‘financial and investment’. Mungkin bisa jadi masukan…good luck ya mbak…btw, aku cewek lho mbak hehehe

  4. Bruce says:

    @ dyan: hehhee…jadi jagoan sekolah dimana yan? udah TK ya..nggak kerasa ya…btw, gimana kandungannya? udah berapa minggu ya sekarang?

    @ mbak diah: allo mbak, salam kenala…kalau solusi untuk investasi, maaf mbak, aku juga sambil belajar nih..takutnya malah menjerumuskan ke yang gak bener hehehe yang pasti, kenali profil resiko mbak (orangnya bisa terima resiko berapa besar), karena investasi itu high risk high return..kalau udah gitu, baru pilih produk investasi yang sesuai. Aku ada nulis beberapa soal investasi di kategori ‘financial and investment’. Mungkin bisa jadi masukan…good luck ya mbak…btw, aku cewek lho mbak hehehe

  5. ita says:

    yuhuuu d3k… mantaff.. tung itung itung itung itung..
    ajarin gw donk d3k biar pinter investasi.. huuhuhu boros bener niih

  6. d3d3k says:

    bundiiittt, gue juga belajar ini bu…post buat shopping masih ada, tapi yang jangan lupa dibuat juga post buat investasinya hehehe gue nulis beberapa di kategori ‘financial and investment’. Ayo belajar bareng 😉

  7. ita says:

    oke oke… d3k, mau donk dishare table itung2an by pendidikan versi elu dek… 😀

    kl ada kerjaan sampingan, ajak2 yeee..

  8. apakah kami bisa dikirimkan file2 ttg itung2an biaya pendidikan ?
    sekalian file menyicil emas ya.

    btw, just info, ada investasi yang return nya lebih dan aman (menurut saya pribadi) daripada deposito/obligasi/reksadana/saham.
    Silahkan membuka =
    http://www.geraidinar.com/index.php?option=com_content&view=article&id=505:risk-and-return-antara-saham-dengan-emas-pilih-mana&catid=36:investasi-&Itemid=87

    semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>